PENGARUH VARIASI ETANOLTERHADAP PRESTASI MESIN INDIRECT INJECTION

  • Dani irawan Politeknik Kediri

Abstract

Bahan bakar etanol-campuran bensin digunakan untuk menguji mesin indirect injection terhadap rasio udara-bahan bakar (λ) untuk mengetahui kinerja dan emisi gas buang. Jumlah injeksi bahan bakar disesuaikan secara manual oleh sistem kontrol loop terbuka menggunakan pengontrol. Ditemukan bahwa tanpa mengubah bukaan throttle dan strategi injeksi, λ menjadi lebih sedikit karena kandungan etanol meningkat. Hasil tes performa mesin menunjukkan torsi output akan meningkat sedikit pada pembukaan katup throttle yang kecil ketika bahan bakar etanol-campuran bensin digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa emisi CO dan HC berkurang dengan meningkatnya kandungan etanol dalam bahan bakar campuran, yang dihasilkan dari pengayaan oksigen. Pada rasio kesetaraan udara-bahan bakar sedikit lebih besar dari jumlah terkecil CO dan HC dan jumlah CO 2 terbesar dihasilkan. Tercatat bahwa kondisi pembakaran emisi CO2 adalah dikendalikan oleh rasio kesetaraan udara-bahan bakar; sementara di bawah kondisi pembakaran yang kaya, emisi CO2 diimbangi oleh emisi CO.  ditemukan bahwa emisi CO2 per unit untuk bahan bakar campuran adalah sama untuk bahan bakar bensin. Dari data percobaan, kadar etanol optimal untuk meningkat rasio udara dan bahan bakar bensin, meningkatkan performa mesin dan mengurangi polusi udara.


Kata kunci: Bahan bakar etanol-campuran bensin; Rasio udara-bahan bakar; Emisi ; Performa mesin

Author Biography

Dani irawan, Politeknik Kediri

Department Mechanical Engineering Polytechnic of Kediri

Published
2018-05-31
How to Cite
IRAWAN, Dani. PENGARUH VARIASI ETANOLTERHADAP PRESTASI MESIN INDIRECT INJECTION. Jurnal Teknik Mesin (JTM), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 40-50, may 2018. ISSN 2549-2063. Available at: <http://ojs.poltek-kediri.ac.id/index.php/JTM/article/view/265>. Date accessed: 17 june 2019.