PENGARUH GAP VOLTAGE DAN DUTY FACTOR PADA PROSES ELECTRICAL DISCHARGE MACHINING MATERIAL BAJA PERKAKAS TERHADAP RASIO KEAUSAN ELEKTRODA MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI

  • Rahayu Mekar Bisono Politeknik Kediri
  • Muhamad Jainudin politeknik kediri

Abstract

EDM sinking adalah proses pemotongan logam menggunakan erosi karena loncatan bunga api listrik. Metode ini secara teratur digunakan ketika geometri, dimensi dan toleransi benda kerja tidak dapat dicapai dengan proses pemesinan lainnya. Pemilihan variabel proses dilakukan untuk mencapai kinerja pemesinan terbaik. Variabel proses ditentukan berdasarkan pada pengalaman dan buku manual. Seperti pada proses pemesinan konvensional, elektroda dalam proses EDM sinking juga mengalami keausan. Jumlah keausan elektroda dipengaruhi oleh lompatan bunga api listrik dari elektroda ke benda kerja. Pengaturan yang tepat pada pemesinan sinking EDM untuk menghasilkan rasio keausan elektroda minimum adalah dengan menggunakan kombinasi gap voltage 40 dan duty factor 0,5.


Katakunci :  sinking EDM, gap voltage, duty factor, RKE

Author Biographies

Rahayu Mekar Bisono, Politeknik Kediri

Department Mechanical Engineering Polytechnic of Kediri

Muhamad Jainudin, politeknik kediri

Department Mechanical Engineering Polytechnic of Kediri

Published
2018-05-31
How to Cite
BISONO, Rahayu Mekar; JAINUDIN, Muhamad. PENGARUH GAP VOLTAGE DAN DUTY FACTOR PADA PROSES ELECTRICAL DISCHARGE MACHINING MATERIAL BAJA PERKAKAS TERHADAP RASIO KEAUSAN ELEKTRODA MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI. Jurnal Teknik Mesin (JTM), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 30-39, may 2018. ISSN 2549-2063. Available at: <http://ojs.poltek-kediri.ac.id/index.php/JTM/article/view/264>. Date accessed: 17 june 2019.