PERAWATAN OVERHEADCRANE 5 TON DI UPT. BALAI YASA SURABAYA GUBENG JAWA TIMUR

  • Krisnardo Fernandes Hutalang Politeknik Kediri
  • Rahayu Mekar Bisono

Abstract

Salah satu sarana penting dalam pemindahan sarana roda maupun bogie untuk roda yang telah selasai di bubut akan di rakit ke bogie kereta dengan menggunakan overheadcrane. overheadcrane adalah bagian dari fasilitas kerja dimana mesin tersebut untuk memindahkan roda maupun bogie dengan beban 5 ton. Untuk meningkatkan keandalan overheadcrane maka diperlukan penanganan perawatan yang baik agar tidak terjadi suatu kerusakan.Berdasarkan latar belakang di atas, maka didapatkan rumusan masalah “Bagaimana Cara Perawatan overheadcrane 5 ton di  UPT BALAI YASA SURABAYA GUBENG. Metode yang digunakan adalah suervey. Hasil yang dapat adalah terbentuknya SOP perawatan Overheadcrane 5 TON yang dapat digunakan untuk melakukan perawatan di UPT Balai yasa Surabaya


 One of the important facilities in the transfer of wheel facilities and bogies for wheels that have finished in the lathe will be assembled to bogie trains using overheadcrane. overheadcrane is a part of work facilities where the machine is to move wheels and bogies with a load of 5 tons. To improve overheadcrane reliability, good handling is needed to prevent damage. Based on the background above, the problem statement was obtained "How to Care for 5 ton overheadcrane at UPT BALAI YASA SURABAYA GUBENG. The method used is suervey. The results can be the formation of an Overheadcrane 5 TON maintenance SOP that can be used to carry out maintenance at UPT Surabaya Office


 Keywords: overhead crane, SOP, train, Balai yasa surabaya

Author Biography

Rahayu Mekar Bisono

Department Mechanical Engineering Polytechnic of Kediri

Published
2018-05-31
How to Cite
HUTALANG, Krisnardo Fernandes; BISONO, Rahayu Mekar. PERAWATAN OVERHEADCRANE 5 TON DI UPT. BALAI YASA SURABAYA GUBENG JAWA TIMUR. Jurnal Teknik Mesin (JTM), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 35-41, may 2018. ISSN 2549-2063. Available at: <http://ojs.poltek-kediri.ac.id/index.php/JTM/article/view/264>. Date accessed: 23 feb. 2019.