Penerapan Teknologi Mesin Pengolah Jantung Pisang Menjadi Dendeng Sebagai Makanan Khas Kediri Kepada Anggota Umkm Kota Kediri

  • Ahmad Dony Mutiara Bahtiar Politeknik Kediri
  • Nila Nurlina Politeknik Kediri

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangat penting bagi perkembangan perekonomian negara. Penelitian yang dilakukan oleh Hill (2001) menyatakan bahwa UMKM memegang peranan yang penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia, karena pertama, kontribusi yang signifikan berkaitan dengan penyerapan tenaga kerja. Kedua, pemerintah Indonesia menempatkan prioritas lebih tinggi untuk UMKM. Tiga, potensi kontribusi UMKM dalam mengembangkan usaha yang dilaksanakan oleh pribumi asli. Keempat, pentingnya formulasi kebijakan perekonomian yang sesuai denga karakteristik UMKM. Lima, harapan atas kontribusi UMKM untuk meletakkan dasar bagi pertumbuhan industri. Keenam, UMKM telah terbukti lebih tahan terhadap deraan dan tempaan krisis ekonomi yang dialami Indonesia tahun 1997-1998.Tujuan yang hendak dicapai dari program ini adalah memberikan pelatihan kepada anggota UMKM Kota Kediri dalam meningkatkan ketrampilan dan menggunakan mesin pengolah jantung pisang menjadi dendeng.Luaran yang diperoleh: 1.) Mesin pengolah jantung pisang menjadi dendeng. 2.) Peserta mampu mengoperasikan mesin dengan benar. 3.) Peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan jantung pisang sebagai alternatif sumber makanan. 4.). Peserta pelatihan dapat melaksanakan K3 mesinsert aperawatan mesin secara mandiri.

Published
2018-12-28
How to Cite
BAHTIAR, Ahmad Dony Mutiara; NURLINA, Nila. Penerapan Teknologi Mesin Pengolah Jantung Pisang Menjadi Dendeng Sebagai Makanan Khas Kediri Kepada Anggota Umkm Kota Kediri. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 52 - 55, dec. 2018. ISSN 2581-0995. Available at: <http://ojs.poltek-kediri.ac.id/index.php/JPMI/article/view/394>. Date accessed: 17 july 2019.