Pengamanan Data Identitas Bus pada Kartu NFC Menggunakan Enkripsi AES-128

Securing Bus Identity Data In a NFC Card Using AES-128 Encryption

  • Benni Agung Nugroho Teknik Informatika, Politeknik Kediri
  • Fery Sofian Efendi Teknik Informatika, Politeknik Kediri

Abstract

Pendataan dan pemeriksaan bus  yang keluar masuk terminal yang ada di Indonesia saat ini masih banyak yang menggunakan cara manual, yaitu menuliskan hasil pendataan dan pemeriksaan pada kertas. Pendataan dengan cara ini tentu saja memiliki banyak kekurangan terutama karena faktor human error dan banyak membuang waktu. Pada penelitian ini dikembangkan sistem pendataan dan pemeriksaan kendaraan bus dengan menggunakan kartu NFC dimana kartu NFC ini berfungsi sebagai kartu identitas bus dimana didalamnya terdapat informasi mengenai kendaraan bus yang saat ini sedang beroperasi meliputi informasi STNK, informasi masa berlaku uji berkala, informasi ijin trayek, informasi tilang atau pelanggaran dan beberapa informasi lain yang dibutuhkan.


Informasi yang terdapat di dalam kartu NFC akan dengan mudah dibaca dengan menggunakan NFC reader. Oleh sebab itu untuk mencegah penyalahgunaan informasi yang terdapat pada kartu NFC dan untuk mencegah perubahan-perubahan data pada kartu NFC oleh orang-orang yang tidak berhak maka informasi di dalam kartu NFC perlu untuk dienkripsi atau disandikan. Enkripsi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan  Advanced Encryption Standard  dengan panjang kunci 128 bit (AES-128).


AES-128 dipilih karena proses enkripsi dan dekripsi yang cepat dengan tetap mengutamakan tingkat pengamanan yang tinggi  pada hasil enkripsinya, selain ukuran byte array hasil enkripsi yang relatif kecil sehingga cocok untuk digunakan pada kartu NFC yang memiliki memori penyimpanan yang terbatas.

Published
2018-11-25
How to Cite
NUGROHO, Benni Agung; EFENDI, Fery Sofian. Pengamanan Data Identitas Bus pada Kartu NFC Menggunakan Enkripsi AES-128. Jurnal Informatika dan Multimedia, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 56-61, nov. 2018. ISSN 2548-4710. Available at: <http://ojs.poltek-kediri.ac.id/index.php/JIM/article/view/254>. Date accessed: 17 june 2019.