ANALISIS METODE FULL COSTING DALAM PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK (STUDI UKM JAMUR CRISPY FCK)

  • Auliya Dewi Oktari
  • Dion Yanuarmawan

Abstract

ABSTRAK


                Metode full costing merupakan metode penentuan harga pokok produksi yang menghitung semua unsur biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead baik yang berperilaku variabel maupun tetap, di mana biaya-biaya tersebut untuk menghitung harga pokok produksi dan harga pokok produksi itulah yang menjadi penentu harga jual produk suatu perusahaan. Harga pokok produksi menurut metode full costing merupakan alat untuk menentukan harga jual yang berdasar pada mark up suatu perusahaan. Penentuan harga jual produk menurut metode full costing dapat menggambarkan harga yang dapat dinilai wajar oleh para konsumen, sehingga dapat memperkirakan keuntungan yang didapat oleh suatu perusahaan. Metode full costing dalam biaya overhead pabrik baik yang berperilaku tetap maupun variabel akan dibebankan kepada produk yang diproduksi atas dasar tarif yang telah ditentukan pada kapasitas normal atau atas dasar overhead pabrik sesungguhnya.


Penetapan harga jual produk merupakan cerminan kualitas produk yang siap untuk dipasarkan secara besar-besaran dan mengharapakan keuntungan yang besar pula. Harga jual produk menjadi hal yang sangat sensitif untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan. Harga jual produk yang bagus akan mempengaruhi minat para konsumen, dimana minat tersebut akan menjadi sebuah keuntungan besar bagi suatu perusahaan , jika suatu perusahaan asal dalam menentukan harga jual, maka akan meningkatkan resiko kerugian yang besar pula. Perhitungan metode full costing dalam penetapan harga jual produk adalah salah satu cara perusahan dalam menetapkan harga jual produk yang terbilang wajar dan sesaui dengan ekonomi masyarakat.


 


Kata Kunci : Metode Full Costing, Penetapan Harga Jual Produk


 

Published
2019-04-29
How to Cite
OKTARI, Auliya Dewi; YANUARMAWAN, Dion. ANALISIS METODE FULL COSTING DALAM PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK (STUDI UKM JAMUR CRISPY FCK). Jurnal Akuntansi dan Ekonomi Bisnis, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 47-65, apr. 2019. ISSN 2548-5326. Available at: <http://ojs.poltek-kediri.ac.id/index.php/JAEB/article/view/413>. Date accessed: 17 july 2019.