ANALISIS METODE HARGA ECERAN UNTUK MENGESTIMASI NILAI PERSEDIAAN BARANG DAGANG STUDI PADA CV BANDUNG GEMILANG SENTOSA

  • Erlina Febrianti
  • wiwiek Kusumaning Asmoro

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode harga eceran untuk mengestimasi nilai persediaan barang dagang. Estimasi nilai persediaan barang dagang berguna untuk menyusun laporan keuangan jangka pendek, di mana perhitungan fisik persediaan sulit untuk dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada CV Bandung Gemilang Sentosa sebuah persekutuan komanditer yang bergerak dalam bidang perdagangan barang elektronik.


Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh adalah data mutasi persediaan barang dagang bulan Desember tahun 2017. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, studi literatur, wawancara, dokumentasi dan analisis dokumen, sedangkan untuk jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV Bandung Gemilang Sentosa belum memiliki metode yang digunakan untuk mengelola persediaan barang dagang. Persediaan dikelola dengan cara yang sederhana yakni dengan membuat catatan barang masuk dan keluar. Catatan ini meskipun telah dibuat namun kadang tidak diperhatikan pada saat pembelian barang dagang. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan persediaan pada CV Bandung Gemilang Sentosa dapat dikatakan kurang teratur. Perusahaan dapat menggunakan metode harga eceran untuk mengelola dan menilai persediaan pada akhir periode.


 


Kata  Kunci  :  Metode  Harga  Eceran,  Estimasi  Nilai  Persediaan  Barang Dagang

Published
2019-04-29
How to Cite
FEBRIANTI, Erlina; ASMORO, wiwiek Kusumaning. ANALISIS METODE HARGA ECERAN UNTUK MENGESTIMASI NILAI PERSEDIAAN BARANG DAGANG STUDI PADA CV BANDUNG GEMILANG SENTOSA. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi Bisnis, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 30-46, apr. 2019. ISSN 2548-5326. Available at: <http://ojs.poltek-kediri.ac.id/index.php/JAEB/article/view/412>. Date accessed: 17 july 2019.