Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Berikut ini adalah pedoman penulisan artikel JAEB yang diharapkan menjadi pertimbangan bagi penulis :

  1. Sistematika pembahasan dalam artikel setidaknya terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut : Abstrak/Sinopsis bagian ini memuat ringkasan penelitian, antara lain mengenai : masalah yang diangkat dalam penelitian, tujuan, metode, temuan, dan kontribusi hasil yang diberikan. Abstrak disajikan diawal teks dan terdiri dari 150 sampai dengan 400 kata (sebaiknya disajikan dalam bahasa Inggris). Abstrak diikuti dengan kata kunciuntuk memudahkan penyusunan indeks artikel. 
    Pendahuluan menguraikan latar belakang (motivasi) penelitian, rumusan masalah, pernyataan tujuan dan jika dipandang perlu organisasi penulisan artikel. Kerangka Teoritis dan Pengembangan Hipotesis memaparkan kerangka teoritis berdasarkan telaah literatur yang menjadi landasan logis untuk mengembangkan hipotesis atau proposisi riset dan model riset (jika dianggap perlu).
    Metode Penelitian memuat metode seleksi dan pengumpulan data, pengukuran dan definisi operasional variabel, dan metode analisi data.
    Analisis Data menguraikan analisis data riset dan deskriptif statistik yang diperlukan. Pembahasan dan Kesimpulan berisi pembahasan mengenai temuan dan kesimpulan riset. Implikasi dan Keterbatasan menjelaskan implikasi temuan dan keterbatasan riset serta jika perlu saran yang dikemukakan peneliti untuk riset yang akan datang. Daftar Pustaka memuat sumber-sumber yang dikutip di dalam penulisan artikel. Hanya sumber acuan yang dimuat di daftar referensi ini.
    Lampiran memuat tabel, gambar, dan instrument riset yang digunakan.
  2. Artikel diketik dengan jarak baris satu pada kertas A4 (21cm X 29,7cm).
  3. Judul
  4. Kutipan langsung panjang (Lebih dari tiga baris) diketik dengan jarak baris satu dengan indented style (bentuk berinden), tanpa tanda petik dan diletakkan dibaris baru.
  5. Kutipan langsung pendek (Kurang dari tiga baris) diketik diantara dua tanda petik, disebutkan nama akhir pengarang dan tahun.
  6. Artikel diketik menggunakan jenis huruf Palatinol Linotype dengan ukuran 10.
  7. Margin atas, bawah, kanan adalah 3 cm dan margin kiri adalah 4 cm.
  8. Artikel dibentuk dengan menggunakan format colums dengan dua sisi.
  9. Halaman muka (cover) setidaknya menyebutkan judul artikel dan identitas penulis.
  10. Semua tabel, gambar, lampiran dan referensi harus diberi nomor urut.
  11. Tabel/gambar sebaiknya disajikan pada halaman terpisah dari badan penulisan (umumnya di bagian akhir naskah).
  12. Artikel harus memuat daftar pustaka dengan ketentuan sebagai berikut:
    Daftar pustaka harus disusun secara alfabetis sesuai dengan nama penulis atau instansi.
    Susunan setiap referensi: nama penulis, tahun publikasi, judul jurnal atau buku teks, nama jurnal/penerbit, nomor halaman.
  13. Artikel diserahkan dalam bentuk CD dengan format Microsoft Word.